Gondong

Gondong adalah penyakit, biasanya anak-anak, yang disebabkan oleh virus. Dengan gondok, kelenjar ludahmu membengkak. Secara khusus, ini adalah kelenjar parotid, dan mereka terletak di bawah dan di depan setiap telinga.

Virus menyebar melalui kontak langsung dengan bersin atau batuk orang yang terinfeksi. Manusia adalah satu-satunya penghuni alami yang dikenal. Penyakit ini lebih parah jika Anda mendapatkannya sebagai orang dewasa.

Dengan imunisasi yang hampir universal di masa kanak-kanak, ada kurang dari 1.000 kasus gondok di AS pada tahun-tahun biasa. Sebagian besar kasus yang dilaporkan terjadi pada anak-anak berusia 5-14 tahun. Infeksi lebih sering terjadi pada akhir musim dingin dan musim semi.

Penyebab Gondong

Gondong terutama disebabkan oleh virus. Masa inkubasi (dari infeksi awal hingga gejala) adalah 16-18 hari, mulai dari 12-25 hari setelah terpapar. Periode ketika seseorang paling menular ke orang lain adalah dari satu sampai dua hari sebelum dan lima hari setelah timbulnya pembengkakan di kelenjar.

Gejala dan Tanda Gondongan

    Gejala awal jarang terjadi tetapi mungkin termasuk demam, kehilangan nafsu makan, rasa sakit, dan sakit kepala. Suhu cukup tinggi, biasanya berlangsung selama tiga hingga empat hari.
    Pembengkakan kelenjar di bawah dan di depan telinga biasanya dimulai di satu sisi dan kemudian berkembang ke sisi lain dengan cepat. Pembengkakan bisa berlangsung dari tujuh hingga 10 hari. Makan atau minum makanan asam atau sitrat menyebabkan banyak ketidaknyamanan.
    Gejala lain mungkin termasuk nyeri testis (pada laki-laki), sakit perut, kejang, leher kaku, dan kesulitan menelan.
        Orchitis (radang salah satu atau kedua buah zakar) adalah komplikasi yang paling ditakuti dari gondong. Kondisi ini menyebabkan rasa sakit yang hebat, pembengkakan, dan nyeri di testis pria. Orchitis sebagian besar di satu sisi tetapi dapat melibatkan kedua buah zakar.

Hubungi dokter dan pergi ke bagian gawat darurat rumah sakit Anda jika anak Anda mengalami kondisi ini:

    Dehidrasi dan tidak dapat menyimpan cairan apa pun
    Muntah terus menerus
    Lethargic (lemah dan lesu)
    Sakit atau leher kaku
    Sakit perut
    Skrotum membesar dan menyakitkan

Diagnosis Gondong

Diagnosis gondong harus dipertimbangkan ketika anak mengalami pembengkakan parotid pada satu atau kedua sisi. Anak mungkin mengalami demam dan nyeri di kelenjar ini tepat di bawah dan di depan telinga.

Pengobatan gondok terutama untuk meredakan gejala.

    Minum banyak cairan dan makan dengan benar. Diet harus ringan.
    Penghilang rasa sakit selain aspirin dapat digunakan untuk kenyamanan.
    Bagi kebanyakan anak-anak, pembengkakan di kelenjar mereka hilang dalam seminggu. Setiap anak dengan gondok sebaiknya tidak kembali ke sekolah atau penitipan selama sembilan hari setelah dimulainya pembengkakan parotid.

Pengobatan untuk Gondong

Perawatan gondong membutuhkan obat penghilang rasa sakit yang dijual bebas untuk pembengkakan dan demam. Anak harus tetap terhidrasi dengan baik, jadi dorong anak untuk minum cairan.

Mencegah Gondong

Semua anak di Amerika Serikat secara rutin diimunisasi melawan gondong dengan vaksin gabungan yang disebut MMR (campak, gondok, rubella).

Prognosis untuk Gondong

Sebagian besar anak sembuh tanpa komplikasi serius dari gondongan.

    Orchitis adalah komplikasi umum dengan gondok setelah pubertas, tetapi kemandulan terjadi pada 13% pasien ini.
    Infeksi gondong selama trimester pertama kehamilan dapat meningkatkan tingkat aborsi spontan, tetapi tidak ada bukti bahwa peningkatan risiko untuk cacat lahir.
    Komplikasi langka termasuk radang sendi, meningitis, ensefalitis, pankreatitis, tuli, dan radang jantung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar