Gejala dan Penyebab Kutu

    Infestasi kutu pada tubuh manusia (juga dikenal sebagai pedikulosis) sangat umum. Jumlah kasus di ratusan juta di seluruh dunia. Sementara kutu kadang-kadang dapat menyebabkan penyakit yang signifikan (tifus, demam kambuh, dan demam parit), kutu pada umumnya lebih merupakan pengalaman yang gatal dan memalukan daripada masalah medis yang serius. Tiga presentasi yang berbeda dari infeksi kutu ada dan masing-masing disebabkan oleh parasit yang unik.

    Kutu kepala (Pediculus humanus capitis) adalah jauh dan paling umum infestasi dan nikmat tidak ada kelompok sosioekonomi tertentu. Seorang "sepupu" yang secara genetik dekat, "Pediculus humanus corporis", bertanggung jawab atas kutu tubuh dan lebih sering dikaitkan dengan kemiskinan, kepadatan, dan kebersihan yang buruk. Kutu kemaluan ("kepiting") disebabkan oleh Pthirus pubis dan ditularkan melalui hubungan intim dan / atau seksual.

    Infestasi kutu adalah pengalaman manusia yang unik. Kutu tidak melompat atau terbang dari host ke host. Mereka tidak dapat ditularkan melalui hewan tetapi dapat ditransfer oleh orang ke orang melalui kontak langsung dan oleh fomites (benda mati - misalnya, topi, sisir, seprai, dll).

Penyebab dan Faktor Risiko untuk Infestasi Kutu

Kutu kepala, tubuh, dan kemaluan ditularkan dari orang ke orang. Itu tidak dapat ditularkan melalui hewan peliharaan. Di sisi lain, jenis kutu yang berbeda memiliki jangka waktu bervariasi yang dapat bertahan hidup pada fomites (benda mati - misalnya, seprai, bantal, sikat rambut, dll.). Menghindari paparan potensial sangat membantu.

Jangan gunakan sisir atau sikat rambut orang lain. Jangan memakai topi, headphone, atau earbud orang lain. Jangan tidur di seprei orang lain jika Anda memiliki kecurigaan infestasi kutu. Jika Anda mengunjungi tempat tinggal yang pernah mengalami infeksi kutu, pastikan bahwa sofa, bantal, tempat tidur, dll., Telah dibersihkan dan diperiksa dengan tepat untuk tidak adanya kutu. Keyakinan bahwa seseorang dapat terkena infestasi kutu kemaluan dari toilet tidak benar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar