Diagnosis Obesitas Anak

Tabel berat-ke-tinggi

Tabel-tabel ini memberikan kisaran berat badan yang umum dan mendefinisikan kelebihan berat badan berdasarkan tinggi anak atau remaja. Banyak profesional perawatan kesehatan mendefinisikan obesitas pada anak sebagai berat 20% atau lebih di atas kisaran yang sehat. Tabel, bagaimanapun, tidak memperhitungkan karakteristik individu masing-masing anak atau remaja. Profesional perawatan kesehatan harus mempertimbangkan usia pasien, jenis kelamin, tahap pubertas, dan pola pertumbuhan ketika menafsirkan grafik berat badan ke tinggi. Sebagai contoh, beberapa anak menambah berat badan sebelum percepatan pertumbuhan. Ini tidak berarti mereka menjadi gemuk.
Persentase lemak tubuh

Persentase berat badan yang gemuk adalah penanda obesitas yang baik. Anak laki-laki dengan lebih dari 25% lemak dan anak perempuan dengan lebih dari 32% lemak dianggap obesitas.

Persentase lemak tubuh sulit diukur secara akurat. Metode yang paling akurat menggunakan peralatan khusus yang tidak ditemukan di sebagian besar kantor medis. Metode yang mengukur ketebalan lipatan kulit tidak dapat diandalkan kecuali dilakukan dengan benar oleh teknisi yang terlatih dan berpengalaman.

Indeks Massa Tubuh (BMI)

Ukuran ini menilai berat relatif terhadap tinggi badan. Ini sama dengan indeks massa tubuh yang digunakan untuk mengidentifikasi obesitas dewasa. BMI didefinisikan sebagai berat badan (dalam kilogram) dibagi dengan tinggi badan (dalam meter) kuadrat (kg / m2). Kurang umum, BMI dapat dihitung dalam pound dan inci. BMI terkait erat dengan persentase lemak tubuh tetapi jauh lebih mudah untuk diukur.

BMI adalah standar untuk mendefinisikan obesitas pada orang dewasa, tetapi penggunaannya pada anak-anak tidak universal. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) menyarankan dua tingkat perhatian untuk anak-anak berdasarkan grafik BMI-untuk-usia.

    Pada persentil ke-85 ke atas, anak-anak "berisiko mengalami kelebihan berat badan."
    Pada 95 persen atau lebih, mereka "kelebihan berat badan."

The American Obesity Association mendefinisikan anak-anak dan remaja di atas 95 persen sebagai "obesitas," yang sesuai dengan BMI 30 kg / m2 (dianggap obesitas pada orang dewasa).

Untuk menghitung BMI anak, ikuti langkah-langkah berikut:

    Gandakan berat badan anak di pound hingga 705.
    Kemudian bagi dengan tinggi anak (dalam inci).
    Bagilah ini lagi dengan tinggi (dalam inci) lagi.

Untuk menghitung BMI melalui Internet, masukkan tinggi dan berat badan anak di situs web Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan, Inisiatif Pendidikan Obesitas.

Lingkar pinggang (WC)

Pengukuran ini pada anak atau remaja berkorelasi erat dengan risiko masa depan mengembangkan diabetes mellitus tipe 2 dan komplikasi terkait sindrom metabolik (tekanan darah tinggi, kolesterol abnormal atau tingkat lemak lainnya, serangan jantung, stroke, dan kerusakan pada mata, jantung, dan ginjal). Penilaian dilakukan dengan pita pengukur membentang di lingkar perut terlebar (biasanya pada atau tepat di bawah tingkat pusar, disebut umbilikus). Nilai apa pun di atas 90% persentil untuk usia dan gender membawa risiko tertinggi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar